Selasa, 03 April 2012

ARTHROPODA

Ceritanya, postingan kali ini juga kaya postingan yang laen nih. Ada tugas dari guru biologi yang namanya “Letter Man” (nama disamarkan) buat nyari tau mengenai arthropoda. Karena gue sama temen gue rumahnya jauh, sedangkan tugasnya udah harus dikumpulin besok, gue suruh temen gue nyari bahan diskusi yang udah gue bagi tiap anak, nah biar gampang nyarinya, materi yang udah gue dapet , gue posting disini. Ini bagian materinya Sani Satriangga Atmadja :
ARTHTOPODA
Arthropoda (dalam bahasa latin, Arthra = ruas , buku, segmen ; podos = kaki) merupakan hewan yang memiliki ciri kaki beruas, berbuku, atau bersegmen.Segmen tersebut juga terdapat pada tubuhnya.Tubuh Arthropoda merupakan simeri bilateral dan tergolong tripoblastik selomata.
Ciri tubuh
Ciri tubuh Arthropoda meliputi ukuran, bentuk, struktur, dan fungsi tubuh.
Ukuran dan bentuk tubuh
Ukuran tubuh Arthropoda sangat beragam, beberapa diantaranya memiliki panjang lebih dari 60 cm., namun kebanyakan berukuran kecil.Begitu pula dengan bentuk Arthropoda pun beragam.
Struktur tubuh
Tubuh Arthropoda bersegmen dengan jumlah segmen yang bervariasi.Pada tiap segmen tubuh tersebut terdapat sepasang kaki yang beruas.Segmen bergabung membentuk bagian tubuh, yaitu Kaput (kepala), toraks (dada), dan abdomen (perut).
Ciri lain dari Arthropoda adalah adanya kutikula keras yang membentuk rangka luar (eksoskeleton).Eksoskeleton tersusun dari kitin yang di sekresikan oleh sel kulit.Eksoskeleton melekat pada kulit membentuk perlindungan tubuh yang kuat.
Eksoskeleton terdiri dari lempengan-lempengan yang dihubungkan oleh ligamen yang fleksibel dan lunak.Eksoskeleton tidak dapat membesar mengikuti pertumbuhan tubuh.Oleh karena itu, tahap pertumbuhan Arthropoda selalu diikuti dengan pengelupasan eksoskeleton lama dan pembentukan eksoskeleton baru.Tahap pelepasan eksoskeleton disebut dengan molting atau ekdisis.Hewan yang biasanya melakukan ekdisis misalnya kepiting, udang, dan laba-laba.
Sistem saraf Arthropoda berupa sistem saraf tangga tali berjumlah sepasang yang berada di sepanjang sisi ventral tubuhnya.
Pada berbagai tempat di segmen tubuh, ada pembesaran saraf tangga tali yang disebut ganglia.Ganglia berfungsi sebagai pusat refleks dan pengendalian berbagai kegiatan.Ganglia bagian anterior yang lebih besar berfungsi sebagai otak.
Sistem pencernaan Arthropoda terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus.Mulutnya dilangkapi dengan berbagai alat tambahan yang beragam, misalnya mandibula dan maksila pada belalang.
Arthropoda bernapas dengan insang, trakea, atau paru-paru buku.Sisa metabolisme berupa cairan dikeluarkan oleh organ ekskresi yang disebut saluran/tubula Malpighi, kelenjar ekskresi, atau keduanya.Sistem sirkulasi Arthropoda bersifat terbuka.Sistem sirkulasi terdiri dari jantung, pembuluh darah pendek, dan ruang disekitar organ tubuh yang disebut sinus atau hemosol.Darah Arthropoda disebut juga hemolimfa.
Tabel  Ciri-ciri kelas Arthropoda
Ciri
Kelas
Crustacea
Arachnida
Myriapoda
Insecta
Tubuh
a. Mempunyai rangka yang keras
b. Terdiri atas dua bagian kepala dada dan perut
Terdiri atas 2 bagian: kepala-dada dan perut
a. Chilopoda: kepala dan badan pipih (dorsoventral)
b. Diplopoda: kepala dan badan silindris
Terdiri atas kepala, dada dan abdomen (perut)
Kaki
Satu pasang pada setiap segmen tubuh, 5 pasang pada dada
4 pasang pada kepala-dada
1 pasang atau 2 pasang pada setiap ruas
3 pasang pada dada atau tidak ada
Sayap
Tidak ada
Tidak ada
Tidak ada
2 pasang atau tidak ada
Antena
2 pasang
Tidak ada
a. Chilopoda: 1 pasang dan panjang
b. Diplopoda: 1 pasang dan pendek
1 pasang
Organ Pernapasan
Insang atau seluruh permukaan tubuh
Paru-paru buku
Trakea
Trakea
Tempat Hidup
Air tawar dan air laut
Di darat
Di darat
Di darat


1 komentar:

Let's Get Older mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Total Pageviews